Bagaimana Cara Mendaftar TPA Bappenas?

Untuk menjalani tes TPA, kita bisa ikut tes di kampus tempat kita mendaftar studi pas casarjana, atau juga dari dua bulan sekali di beberapa universitas. Biasanya diselenggarakembaga lain yang berkompeten, utamanya dari TPA OTOBAPPENAS. TPA OTO BAPPENAS dilaksanakan satu hingga dan oleh Program Pascasarjana Universitas tertentu bekerja sama dengan Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes Potensi Akademik (UUO-TPA) Bappenas. Kelebihan dari TPA OTO BAPPENAS adalah sertifikatnya bisa digunakan di manapun dan berstandar internasional.

Selengkapnya: Bagaimana Cara Mendaftar TPA Bappenas?

Masuk Pascasarjana, Berapa Skor yang Anda Butuhkan?

TPA (Tes Potensi Akademik) dimaksudkan untuk mengukur potensi yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan belajar atau studi lanjut jalur mandiri maupun jalur beasiswa (Bidik Misi, BPPS, Beasiswa Unggulan, dsb) baik pada jenjang sarjana atau pascasarjana, memangku jabatan struktural atau birokrat tertentu, akan memasuki dunia kerja atau untuk persyaratan sertifikasi pendidik/dosen.

Selengkapnya: Masuk Pascasarjana, Berapa Skor yang Anda Butuhkan?

Salah Kaprah Tentang TPA Pascasarjana

Dalam pelatihan TPA, saya selalu membuka pelatihan dengan diskusi kecil mengenai “Mengapa Anda ikut pelatihan ini?”.  Dan mayoritas menjawab “saya sangat kesulitan mengerjakan soal-soal matematikanya dan ingin tahu trik-trik mengerjakannya”. Kemudian saya tanya lagi, “Kenapa soal matematika sulit?”. Dan kebanyakan menjawab “Ya kerena saya sudah lama gak belajar matematika, so, lupa deh rumus-rumusnya”. Ada juga yang menjawab “angka-angkanya aneh-aneh sehingga sulit dikerjakan”.

Selengkapnya: Salah Kaprah Tentang TPA Pascasarjana